Home Hikmah Sahabat Setia Sesyurga

Assalamualaikum muslimah cantik…

Siapa sih sahabat itu?

Perlu ngga sih kita punya sahabat?

Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, pasti udah khatam deh tentang ilmu dasar sosial ini. Jadi pada hakikatnya manusia akan terus membutuhkan berkomunikasi dengan orang lain, berhubungan dengan orang lain dan menjalin hubungan dengan orang lain #eeaaa… yang halal yaaaa…. 😀

Naaah dari sini kita bisa simpulkan bahwa kita sebagai manusia butuh seseorang yang dapat menjadi tempat untuk setidaknya berkeluh kesah mengeluarkan unek-unek dan meminta saran. Sahabat inilah yang  bisa menjadi alternatif (jalan maksudnya? :P) ketika keluarga mungkin masih belum menjadi tempat yang leluasa untuk bercerita, biasanya mengenai persoalan ukhti-ukhti remaja yang butuhnya itu saran dari sebaya, ya nggak? Yaaa biar bisa lebih paham gituuu rasanyaaa…

Tapii… kewajiban bagi kita niih untuk memilih sahabat yang baik buat kita. Loh? Maksudnya kita harus pilih-pilih teman?

Ukhti, kita memang butuh untuk memilah mana teman yang baik mana teman yang hanya perlu kita ketahui saja. Teman yang baik, sahabat yang baik bukan hanya bisa mendengarkan keluh kesah kita atau memberikan saran kepada kita, tetapi mereka yang juga bisa mengajak kita untuk tetap istiqomah dalam menambah nilai ibadah, berbuat baik dan menyelesaikan masalah sesuai syari’at Islam. Sebagaimana dalam hadits Rasulullah :

Seseorang itu menurut agama teman dekatnya, maka hendaklah kalian melihat siapakah yang menjadi teman dekatnya.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzidishahihkan oleh Syaikh Al-Albani dalam Silsilah Ash-Shahihah, no. 927)

Hmmm… berarti justru dalam hidup kita sahabat itu besar ya perannya? Tentu ukhti… makanya kita perlu sahabat. Kita butuh sahabat yang dapat menambah ketaatan kita kepada Allah, bisa jadi dari sahabat SD, sahabat SMP, sahabat SMA, sahabat kuliah, sahabat tetangga, atau… sahabat hidup? boleh laaah boleh 😀

Mengapa kita butuh sahabat? Karena bahkan Rasulullah saja punya banyak sahabat, sahabat yang beliau mintai saran ketika terdapat suatu permasalahan, sahabat tempat beliau berbagi ilmu, hingga sahabat dalam berperang. Siapa yang nggak tahu para sahabat Rasulullah yang ketaatannya tidak akan pernah bisa kita samakan, karena apa? Karena mereka bersahabat dengan Rasulullah, manusia yang paling sempurna yang menjadi Al-Qur’an berjalan bagi setiap manusia. Inilah sahabat setia sesyurga…

Sahabat setia sesyurga? Apa ada ya kalo zaman sekarang, abis banyak orang-orang yang manis didepan kita aja tapi nusuk dari belakang, duh serem yaaa…

Tenang cantiiik… Jangan sedih… Insya Allah masih banyak orang yang dapat kita jadikan sahabat setia sesyurga, bisa kita cari di majelis-majelis ilmu atau mereka yang memang punya ketaatan yang lebih dari kita. Sahabat yang gaul, ya boleh, tapi tetap syar’i dan sholeh/sholehah, tetap nggak ninggalin sholat, tetap menjalankan kewajiban dan sunnah, tetap mengingatkan kebaikan pada kita. Insya Allah sahabat seperti itu bisa menjaga kesetiaan pada kita dalam menjalin hubungan baik dan dapat menjadi syafaat kita di akhirat nanti, yaitu syafaat ketika mereka masuk syurga dan tidak menemukan kita maka mereka akan meminta kepada Allah untuk memasukkan kita ke syurga bersamanya karena mengingat kita lah yang dulu bersamanya dalam meraih ketaatan kepada Allah.

Ya Allah… karuniakanlah kami dan lingkarkanlah kami dengan orang-orang sholeh, yang dapat menjadi syafaat bagi kami dan mengajak kami ke syurgaMu, aamiin…

 

 

 

 

Leave a Reply

5 × three =