Home Hikmah Meraih Cinta Allah di Bulan Ramadhan

Assalamualaikum muslimah cantik calon penghuni syurganya Allah… :)

Bagaimana puasanya di hari ke 10 ini? Semoga masih istiqomah dalam berlomba-lomba meraih besarnya pahala yang ditawarkan Allah di bulan yang paling suci dan berkali lipat kebaikannya dibandingkan 11 bulan yang lain.

Jangan kasih kendor yaaa ibadah wajib dan sunnahnya, karena apa? Karena ini bulan yang berbeda, makaa kita juga harus beda. Bedaaaa banget… Misalnya dari ibadah wajib seperti sholat, istiqomahkan untuk sholat di awal waktu, berharap kebiasaan selama bulan Ramadhan ini jadi terbawa teruuus ke bulan-bulan lainnya. Biasanya kalau waktu kecil suka ditakut-takutin kalau sholatnya di akhir waktu keburu malaikatnya pulang deh 😀 (ada yang pernah ngalamin?)

Padahal lebih dari itu loh, banyak pengalaman-pengalaman orang shalih bahwa sholat di awal waktu menjadikan kita lebih teratur dalam melakukan aktivitas lainnya. Coba deh, pasti sering ngerasa gelisah kan misalnya lagi banyak kerjaan atau banyak tugas ditambah belum sholat bikin semuanya jadi terburu-buru waktu, ngerjain tugas ngga optimal karena kepikiran belum sholat, sholat juga jadi ngga khusyu’ karena takut ngga keburu waktu. Jawabannya, sholatlah di awal waktu.

Kemudian ditambah dengan sholat sunnah seperti Dhuha, jangan kasih kendor ibadah sunnah ini karena Allah janjikan kecukupan diatasnya, seperti hadits nabi berikut :

Allah Ta’ala berfirman: Wahai anak Adam, janganlah engkau tinggalkan empat raka’at shalat di awal siang (di waktu Dhuha). Maka itu akan mencukupimu di akhir siang.” (HR. Ahmad (5/286), Abu Daud no. 1289, At Tirmidzi no. 475, Ad Darimi no. 1451 . Syaikh Al Albani dan Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Coba bayangkan, di bulan Ramadhan yang luar biasa ini, pintu-pintu syurga dibuka selebar-lebarnya dan pintu neraka ditutup melakukan ibadah-ibadah yang sebenarnya pasti ngga akan makan waktu kita sampai sejam dua jam, beda kalau mantengin laptop atau handphone (ya kan, ya kaaan? :D)

Ibadah lain lagi adalah puasa dong pastinya, karena perintah Allah telah jelas di surah Al-Baqarah ayat 183 :

Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa

Jelas dong bahwa puasa di bulan Ramadhan itu adalah kewajiban, dan manfaatnya adalah menambah ketakwaan dalam diri kita, karena dalam puasa artinya kita dituntut untuk menahan hawa nafsu, salah satunya adalah makan dengan berlebihan. Pasti banyak yang sering dengar hadits Rasulullah yang tentang makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang dooong?

Tapi benar yah, coba deh kita pasti sering mengalami kalau kita mau makan nunggu lapar dan sampe lapeeeer banget ujung-ujungnya makannya berlebihan dan laper mata, pengen makan semua yang ada di hadapannya tapi ternyata yang termakan cuma beberapa menu aja, sisanya? Hmmm jadi mubazir yah… Selain itu ternyata makan yang berlebihan itu ngga mengoptimalkan ibadah kita, ya ngga sih? Karena apa, kekenyangan eh setelah itu malah ngantuk. Lewat deh tilawahnya, lewat deh sholat sunnah lainnya, lewat deh sholat tepat waktunya :(

Ini yang perlu diperhatikan juga saat berbuka, Rasulullah telah mencontohkan bahwa berbuka dengan minum dan kurma dengan jumlah yang ganjil (baiknya 3 buah) itu sudah cukup, yakin kita pasti kuat deh buat sholat maghrib. Setelah itu mau makan boleeeh, tapi tetap harus sesuai porsi yang baik yaaa supaya tarawihnya ngga ngantuk karena kekenyangan :)

Lalu apalagi? Bulan ramadhan adalah bulan mulia karena bulan inilah diturunkannya Al-Qur’anul Kariim… Al-Qur’annya saja mulia, pasti hal yang melingkupinya juga mulia doong… Maka perbanyak amalan yang mendekati Al-Qur’an, jika kita biasanya baca Al-Qur’an 5 lembar naah di bulan Ramadhan ini rutinkan satu hari satu juz atau bahkan lebih, targetkan bulan ini khatam berapa kali, dan tambah dengan tadabbur isinya. Sehingga kemuliaan ini dapat menambah kemuliaan kita juga dalam menjalani bulan penuh berkah ini.

Yuk kita niatkan dan kita azzamkan (teguhkan) dalam diri kita bahwa bulan Ramadhan ini adalah bulan yang seharusnya menjadikan kita pribadi yang luar biasa dalam beribadah, karena memang bulan ini kita tidak boleh dan tidak bisa menjadi yang biasa, pahalanya aja luar biasa masa usaha kita mau biasa-biasa aja? 😉

 

 

Similar articles

Leave a Reply

13 + fifteen =